Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 19 April 2015

PARTIKEL YANG BERMUATAN

Apakah Partikel itu ???
Partikel adalah sebuah satuan dasar dari benda atau materi. Bisa juga dikatakan Partikel merupakan satuan bagian terkecil dari suatu materi. Jenis Partikel ini ada 3 yaitu: atom, molekul, dan ion. Jadi baik atom, molekul, dan ion ke tiga-nya merupakan satuan terkecil dari materi yg secara umum disebut partikel.
 

1. ATOM
   
Atom adalah suatu partikel terkecil dalam suatu zat. judul kali ini.“Atom” kata ini berasal dari bahasa yunani atomos yang berarti tidak dapat dipotong. Sesuai pengertian tersebut,Atom-atom adalah partikel penyusun semua benda yang berukuran sangat kecil.
Atom memiliki beberpa sebutan. Yakni :
1.             Proton : Partikel Atom yang bermuatan Positif
2.             Elektron : Partikel Atom yang bermuatan Negatif
3.             Netron : Partikel Atom yang bermuatan netral/tidak bermuatan

Dasar-dasar adanya atom ini berasal dari teori yang dikemukakan oleh John Dalton (1766-1844). Dalton mengatakan bahwa semua unsur kimia tersusun atas partikel-partikel yang sangat kecil, yang disebut atom, yang tidak bisa pecah saat zat-zat kimianya direaksikan.
Pengertian Atom Menurut Demokritos: Atom adalah partikel terkecil penyusun seluruh materi di alam semesta.
Pengertian Atom Menurut John Dalton: Atom adalah partikel terkecil dari suatu unsur yang masih mempunyai sifat seperti unsurnya.
Pengertian Atom Menurut J.J. Thomson: Atom adalah bola yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif tersebar secara merata.
Pengertian Atom Menurut Ernest Rutherford: Atom adalah partikel yang terdiri dari inti atom, yaitu proton dan neutron yang berada pada bagian pusat dan dikelilingi elektron-elektron
2. ION
Ion adalah Atom yang bermuatan Listrik atau dalam pengertian Wikipedia atom atau sekumpulan atom yang bermuatan listrik. Ion terbentuk apabila atom melepaskan atau menerima satu atau lebih elektron untuk membentuk kulit terluar, yang bermuatan penuh sehingga atom menjadi stabil.
Larutan ion adalah larutan yang mengandung ion yang dapat bergerak bebas sehingga bisa menghantarkan arus listrik. Anion adalah ion bermuatan negatif, sedangkan kation adalah ion yang bermuatan positif.
atom yang bermuatan listrik, ion yang bermuatan listrik disebut kation, dan ion yang bermuatan negatif disebut anion. Kation dan anion dapat berupa ion tunggal hanya terdiri dari satu jenis atom atau dapat pula berupa ion poliatom mengandung dua atau lebih atom yang berbeda.
Senyawa yang terbentuk dari ion positif dan ion negatif dinamakan senyawa ionik.
Contoh-Contoh senyawa Ionik.
1.             Kalsium Karbonat (CaCO3) terbentuk dari ion Ca2+ dan ion CO32-.
2.             Tembaga Sulfat (CuSO4) terbentuk dari ion Cu2+ dan ion SO42-.
3.             Amonium sulfat ((NH4)2SO4) terbentuk dari ion NH4+ dan ion SO42-.
KATION
ANION

3. MOLEKUL
   
Molekul adalah sebuah kumpulan yang dibentuk dari dua atom atau lebih yang saling berikatan. Pengertian lain : Molekul adalah Gabungan dari beberapa atom unsur, bisa dua atau lebih. Artinya ketika berbicara molekul maka yang dibayangkan adalah gabungan atom2 (bukan 1 atom). Molekul merupakan partikel terkecil dari suatu zat yang masih memiliki sifat-sifat zat tersebut. Molekul tersusun dari dua atom atau lebih. Molekul dapat tersusun dari atom-atom yang berbeda, tetapi dapat pula tersusun dari atom-atom yang sama.
Jika gabungan dari atom unsur yang sama jenisnya maka disebut Molekul Unsur, Contohnya: O2, H2, O3, S8
Jika gabungan dari atom unsur yang berbeda jenisnya maka disebut Molekul Senyawa, Contohnya: H2O, CO2, C2H5
Molekul diatomik adalah molekul yang hanya terdiri dari dua atom. Kedua atom tersebut dapat berupa unsur yang sama maupun berbeda. Awalan di- pada kata diatomik berasal dari bahasa Yunani yang artinya dua. Contoh N2, O2, H2.

KENAPA SEBUAH PARTIKEL BERMUATAN ??????
Alasannya adalah karena pada partikel itu sendiri terdapat Neutron, Proton, Elektron pada Atom. Sedangkan pada ion terdapat Anion(bermuatan negatif -) dan Kation(bermuatan positif +). Pada dasarnya sebuah partikel untuk mencapai suatu kestabilan bisa melepas atau menerima elektron, pada saat perpindahan inilah yang menyebabkan suatu partikel atom dapat mempunyai muatan. Namun pada umumnya partikel yang mempunyai muatan itu adalah ion, ion adalah partikel yang mempunyai muatan listrik karena ionisasi. Jadi menurut saya, sebuah partikel mempunyai muatan karena adanya bagian terkecil dari partikel itu sendiri, misal: atom(neutron, elektron, proton). Dan sifat dasar dari partikel ini yaitu mencari kestabilan, sehingga ada menerima atau melepas muatan. setiap partikel atom sudah mempunyai (neutron, elektron, proton).

1 komentar: